Daftar Makanan Serat Tinggi

Sebelum kita masuk ke daftar makanan berserat tinggi, kita harus memecahnya menjadi larut dan tidak larut, karena efek serat makanan pada tubuh akan berbeda dengan keduanya. Serat makanan larut menciptakan bakteri bermanfaat yang membantu dalam proses pencernaan, sedangkan peran utama serat tidak larut adalah menjaga makanan tetap bergerak melalui saluran pencernaan dan membuangnya dari tubuh. American Dietetic Association menyatakan bahwa Manfaat Makanan Berserat Tinggi orang dewasa harus mengonsumsi setidaknya 20 hingga 35 gram serat setiap hari (tergantung pada konsumsi kalori individu), yang kira-kira dua kali jumlah yang dikonsumsi kebanyakan orang Amerika Utara secara keseluruhan.

Beberapa bahaya kesehatan paling parah yang kita hadapi saat ini, seperti penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas dapat dicegah dengan tingkat serat larut yang tepat. Serat larut ada sampai batas tertentu di semua makanan Harga Jual Flimty Fiber Murah nabati. Beberapa sumber utama serat makanan larut adalah biji-bijian dan kacang-kacangan dan kacang polong tambahan, dan juga brokoli, pisang, kentang, wortel, apel, dan beri. Alternatif biji-bijian berkualitas tinggi adalah gandum hitam, gandum, dan jelai. Pembenaran thumbnail untuk apa yang membuatnya benar-benar menjadi bagian penting dari program diet Anda adalah sifat prebiotiknya meningkatkan pertumbuhan bakteri di usus. Ini memfasilitasi pencernaan lengkap untuk makanan yang Anda konsumsi, memungkinkan aliran darah Anda menyerap semua nutrisi dari makanan Anda. Seperti namanya, serat larut menarik dan menyerap air, membentuk gel. Gel ini memperlambat pencernaan, menunda pengosongan perut dan membuat Anda merasa lebih kenyang. Ini juga akan menstabilkan kadar gula darah, dan dengan demikian insulin.

Disebut serat sehat usus, serat tidak larut mungkin memiliki efek pencahar dan menghentikan sembelit. Mereka melewati sistem pencernaan utuh, karena mereka tidak larut dalam air, dan mempercepat perjalanan makanan melalui usus. Ini sangat penting untuk selalu memiliki efek pembersihan yang tepat pada sistem pencernaan. Beberapa dari banyak sumber serat tidak larut adalah anggur, mentimun, wortel, bawang, kacang hijau, sayuran berdaun gelap, tomat, kubis, brokoli, seledri, beras merah, zucchini, barley, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum dan biji-bijian, dan dedak gandum. Jelas banyak pilihan, dan jika Anda makan banyak sayuran berbeda, Anda harus berada dalam kondisi yang baik dengan serat makanan.

Serat tidak larut dan larut tidak dicerna, sehingga tidak diserap ke dalam darah. Mereka tidak digunakan untuk energi, namun merupakan bantuan penting untuk pencernaan makanan lain. Saat membuat pilihan dengan diet Anda, Anda harus berusaha untuk menyeimbangkan asupan serat larut dan tidak larut. Peningkatan jumlah gas yang dikeluarkan dari tubuh Anda adalah respons umum terhadap konsumsi serat larut yang lebih tinggi. Jika kelebihan gas usus besar menjadi masalah, cobalah untuk memastikan keseimbangan serat larut dan tidak larut. Tambahkan makanan berserat tambahan yang tidak larut seperti gandum, sereal dan apel untuk mengurangi tekanan gas, serta memastikan Anda minum banyak air. Tetapi kecuali jika Anda mencari beberapa manfaat kesehatan tertentu, berkonsentrasilah pada makan berbagai serat larut dan tidak larut untuk setiap manfaat kesehatan.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *